Mohon Tunggu
Kami sedang menyiapkan yang Anda perlukan
Kami sedang menyiapkan yang Anda perlukan
Tips and TrickOtomotif
26 Maret 202561Pembaca
Bagikan :
Sumber: Wahana Motor
Bagi Anda pengguna sepeda motor khususnya motor kopling, mungkin Anda pernah mengalami motor yang selip. Bisa jadi itu ciri-ciri kampas kopling motor habis. Motor yang selip terjadi ketika mesin mengeluarkan putaran tinggi namun roda tidak bergerak sesuai kecepatan yang diinginkan.
Hal ini terjadi disebabkan karena kampas kopling sudah tidak dapat memegang plat kopling dengan baik, yang biasa disebut dengan istilah kampas habis atau aus. Motor yang sering selip tadi merupakan salah satu dari ciri-ciri kampas kopling motor habis atau aus. Artikel ini akan membahas mengenai ciri-ciri kampas kopling motor habis dan cara mengatasinya.
Sebelum kita melihat apa saja ciri-ciri kampas kopling motor habis, terlebih dahulu kita cari tahu apa itu kampas kopling. Kampas kopling adalah salah satu komponen penting pada sistem transmisi motor, yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan antara mesin dan transmisi. Kampas kopling terdiri dari beberapa bagian, yaitu kampas kopling, plat kopling, dan piringan gesek.
Sumber: Oto Balancing
Fungsi utama kampas kopling adalah untuk memungkinkan mesin dapat berputar dan terhubung dengan transmisi saat kendaraan sedang berjalan. Ketika pedal kopling ditekan, kampas kopling akan menekan plat kopling dan memutuskan hubungan antara mesin dan transmisi. Sebaliknya, saat pedal kopling dilepas, kampas kopling akan melepaskan tekanannya pada plat kopling dan menghubungkan kembali mesin dengan transmisi.
Kampas kopling juga berfungsi sebagai pelindung transmisi dan mesin dari kerusakan akibat gesekan yang terus-menerus. Saat mesin berputar, kampas kopling akan mengalami gesekan dengan plat kopling, dan piringan gesek akan menahan gesekan tersebut agar tidak merusak bagian lain pada sistem transmisi.
Seperti pada komponen mesin lainnya, setiap benda memiliki ketahanan dan usia pakai. Dalam buku pedoman milik kendaraan, disarankan untuk melakukan pemeriksaan kampas kopling setiap 12.000 km atau 12 bulan. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan performa mesin dan mengetahui kondisi dari kampas kopling tersebut. Apakah kampas kopling sudah mulai habis atau masih dalam kondisi yang baik. Gaya berkendara sangat mempengaruhi umur dari kampas kopling.
Baca Juga: Mengenal Apa Itu Taksasi Kendaraan dan Ketentuan Perhitungannya
Berikut adalah ciri-ciri kampas kopling motor habis dan cara mengatasinya:
Saat kampas kopling sudah habis, maka proses perpindahan gigi akan terasa lebih sulit. Hal ini disebabkan karena kampas kopling tidak dapat memutuskan hubungan antara mesin dan transmisi dengan baik. Untuk mengatasinya dapat dengan memainkan gas ketika berganti gigi, atau dengan mengganti kampas kopling.
Jika RPM naik tetapi kecepatan motor tidak bertambah ketika digas, maka bisa jadi kampas kopling sudah aus. Hal ini terjadi karena kampas kopling tidak dapat mentransmisikan daya dengan baik dari mesin ke transmisi. Selain dengan mengganti kampas kopling, coba Anda pastikan gigi sudah terpasang dengan benar atau belum.
Saat kampas kopling sudah habis, maka akan sering terjadi slipping pada motor. Slip ini terjadi ketika mesin mengeluarkan putaran tinggi namun roda tidak bergerak sesuai kecepatan yang diinginkan. Hal ini disebabkan karena kampas kopling sudah tidak dapat memegang plat kopling dengan baik, dan daya cengkram kampas pada alat gesek mulai berkurang.
Solusinya adalah dengan mengganti kampas kopling yang aus dengan yang baru. Pastikan untuk membeli kampas kopling yang tepat untuk jenis dan model motor Anda.
Jika kampas kopling terbuat dari bahan asbes, maka ketika sudah aus akan menghasilkan bau terbakar yang khas. Jika Anda mencium bau seperti itu, segera periksa kondisi kampas kopling dan ganti dengan yang baru.
Hal lain yang dapat dirasakan dari ciri-ciri kampas kopling motor habis adalah mesin menjadi lebih cepat panas. Hal ini terjadi karena hilangnya daya cengkram kampas pada alat gesek sehingga membuat kedua komponen ini menjadi lebih sering bergesekan sehingga akhirnya menimbulkan panas.
Solusinya adalah dengan memeriksa dan memperbaiki sistem kopling. Penting juga untuk memperhatikan suhu lingkungan sebelum berkendara dan memastikan sistem pendingin mesin berfungsi dengan baik.
Selain beberapa ciri ciri diatas, ciri-ciri kampas kopling motor habis atau aus yang terakhir yaitu tarikan awal yang terasa tidak responsif. Biasanya akan terasa berat dan telat saat Anda mulai menarik tuas, lalu selang beberapa detik motor baru mau bergerak maju.
Jika kampas kopling sudah aus, maka bisa jadi akan terdengar bunyi berdecit saat pedal kopling ditekan atau dilepas. Hal ini disebabkan oleh gesekan kampas kopling yang tidak normal. Solusinya adalah dengan memeriksa dan mengganti plat gesek kopling yang aus atau rusak
Sumber:
Trial Game
Jika Anda mengalami ciri-ciri di atas, segera periksa kondisi kampas kopling pada motor Anda dan lakukan penggantian jika sudah habis atau rusak. Jangan abaikan masalah ini karena dapat membahayakan keselamatan dalam berkendara.
Anda juga perlu melakukan perawatan berkala agar kondisi motor tetap terasa nyaman saat digunakan untuk berkendara. Dengan begitu penyebab kopling motor tidak berfungsi dengan baik saat kampas kopling habis dapat diantisipasi. Berikut adalah yang perlu Anda lakukan:
Mengganti oli menjadi salah satu keharusan yang wajib dilakukan oleh para pemilik motor agar kendaraannya selalu dalam kondisi prima. Ini juga menjadi salah satu tips agar kondisi kampas kopling motor aman saat digunakan terutama ketika perjalanan jauh.
Jangan lupa juga untuk selalu rajin cek kabel kopling. Jika sudah memiliki usia pemakaian lama, coba untuk mengganti kabel dengan yang baru. Ini bertujuan untuk mengantisipasi kampas kopling putus saat berkendara.
Cek kampas kopling wajib dilakukan saat Anda sudah merasakan beberapa ciri di atas. Untuk mengantisipasi kerusakan pada komponen lainnya jika kampas kopling tersebut sudah benar-benar habis.
Pemilihan bahan bakar yang asal-asalan juga tidak baik untuk motor kopling, karena ada beberapa tipe motor kopling yang memang mengharuskan menggunakan bahan bakar khusus. Jika sampai pemilihan bahan bakar tidak tepat, akan membuat mesin motor cepat panas.
Kebiasaan malas mengoper gigi ke posisi rendah saat motor berhenti sebaiknya segera dihilangkan. Karena dengan menggunakan gigi tinggi pada tarikan awal, akan membuat energi atau tarikan awal cukup besar.
Kampas kopling yang sudah habis atau rusak akan membuat kendaraan sulit untuk digerakkan, sulit melakukan perpindahan gigi, sering terjadi slipping pada motor, dan dapat menimbulkan suara dan bau yang tidak normal.
Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi kampas kopling secara berkala dan melakukan penggantian jika sudah habis atau rusak. Demikianlah ciri-ciri kampas kopling motor habis atau aus dan cara mengatasinya. Semoga membantu.
Baca Juga: Ini Dia Prosedur dan Syarat Cek Fisik Kendaraan, Lengkap!
Motor Anda terus menerus berulah dan langganan keluar masuk bengkel? Mungkin ini saatnya untuk beralih ke mobil. Selain kapasitasnya lebih besar, mobil juga sangat ideal untuk digunakan pada perjalanan jarak jauh.
Jika Anda berencana membeli mobil baru atau bekas, temukan opsi pembiayaan kredit mobil di ACC ONE. Ada banyak pilihan mobil kualitas terbaik dengan simulasi kredit yang bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.
Dapatkan mobil baru impian melalui kredit mobil di ACC. Cek website ACC ONE untuk mengetahui promo menarik lainnya. Wujudkan mobil idaman Anda bersama ACC yang bisa bikin Anda lebih untung!
"Astra Credit Companies (ACC) merupakan perusahaan pembiayaan yang memberikan solusi untuk kredit mobil baru, mobil bekas, truk, alat berat, dan fasilitas dana dengan syarat yang mudah, proses cepat dan aman. Gunakan simulasi kredit mobil untuk menghitung jumlah angsuran. Segera hubungi ACC di 1500599 dan #WujudkanImpian Anda sekarang juga!"
#tips
#motor
#perawatan
Berita Lainnya
Lihat semua